Sunday, January 11, 2009

Setahun Green Laundry

Alhamdulillah...Green Laundry sudah berjalan setahun, alhamdulillah Green Laundry masih bisa bertahan di tengah-tengah persaingan usaha laundry sejenis, dan Alhamdulillah Green Laundry masih bisa mempertahankan kualitas dan pelayanannya di tengah-tengah kenaikan harga BBM beberapa waktu yang lalu.

Tak terasa bisnis ini berjalan dengan indah, dari bulan ke bulan omzetnya selalu naik dan marketnya pun semakin luas. Pelanggan pun selalu datang silih berganti, saat pelanggan lama sudah jarang terlihat banyak bermunculan pelanggan-pelanggan baru. Mulai anak SMA, anak kuliahan sampai karyawan bahkan rumah tangga.

Banyak hal sudah dilewati dalam setahun perjalanan ini, mulai kendala bahan baku (sabun, softener, pewangi dan pilicin), kendala karyawan, dan kendala teknis lainnya. Tapi seiring bertambahnya pengetahuan dan pengalaman, semua bisa dihandle.

Alhamdulillah, usaha yang hanya dimulai dengan satu mesin cuci ini sudah bisa menambah jumlah assetnya. Teringat dahulu saat memulainya, pelanggan pertama datang setelah 3 hari buka. Otomotis 3 hari pertama kita belum mendapatkan apa-apa. Satu persatu kendala bermunculan, pakaian luntur, pakaian kena lunturan, listrik mati, PDAM mati, cuaca mendung dan banyak hal lainnya yang membuat aktivitas laundry tidak bisa berjalan dengan optimal. Perlu diketahui saja, dalam menjalankan bisnis laundry ini, sampai sekarang aku belum mampu menyediakan mesin pengering (listrik tidak kuat) sehingga hanya mengandalkan panas matahari. Heheheheheh....walau begitu 1 tahun ini tetap lancar lho....

Tahun 2009 ini, ingin rasanya menggunakan faktor kali untuk mengembangkan bisnis ini, yaitu dengan membuka 1 cabang lagi di tempat lain walau di tahun 2009 ini masih punya tanggungan bisnis lain yang butuh "cairan dana juga". Walau begitu harapan itu tetap saja ada, semoga kesempatan itu datang kepadaku.

*) berharap jadi Juragan Laundry. Hehehehe..........

7 comments:

Rizwana & Azkia said...

it's a really inspiring blog. Thank you so much!

Na said...

Ngunjungin blog ini nambah semangat buat kerja..
Salam kenal..

Anonymous said...

Mas Dona ojo lali cari istri lho btw usaha yg bagus

Unknown said...

Alo bos.... Pgn chatting japri nih ?? Bisa?? Interest dengan green laundry... :-)

agustina said...

Hmm..keren bgt!
Gk nyangka sekeras ini km brusaha wujudin cita2!
Ayo smangaaatt..!!
Msukan bwt bimbelny~usha dBid pnddkn gk mgkn mati,jd usahain ttp utmain esensi pnddkn'mncerdskn khdpn bgsa',jgn lht provitny..
Key..
Smangaaattt!

Unknown said...

Mas Dona semangattt!!!!

Unknown said...

Mas Dona semangattt!!!!